Thursday, November 6, 2014

"Sekolah Ideal" Idaman Saya (bagian 1)

Aktivitas anak saya (berkerudung) bersama teman-temannya usai berkebun di sekolah

        Membahas tentang sekolah yang ideal, pasti setiap orang punya pendapat masing-masing. Dan tulisan ini murni merupakan pendapat saya pribadi mengenai sekolah ideal yang saya idamkan. Saya menulis berdasarkan pengalaman pribadi saya dan merupakan buah pikir dari perjalanan saya dalam menempuh dunia pendidikan dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga bangku kuliah. Berikut ini saya ulas satu persatu ya, mulai dari tingkat terendah hingga tingkat tertinggi.

1. Taman Kanak-kanak (TK)
        Sebelum mengenal dunia sekolah, saya menghabiskan waktu dua tahun di TK. Jangan dibayangkan bahwa "suasana" TK saya dulu sama dengan TK sekarang pada umumnya. Di TK saya dulu belum diajari membaca dan menulis. Bahkan dikenalkan dengan huruf pun tidak. Saya hanya bermain-main dan bernyanyi. Mungkin karena usia yang masih berkisar antara 4-6 tahun, sampai hari ini saya masih ingat dan hafal beberapa lagu yang pernah diajarkan waktu di TK. Kadangkala guru mengajak saya dan teman-teman bermain di luar kelas. Itu sangat menyenangkan. Tapi aktivitas di dalam kelas pun sangat saya sukai, karena hampir kebanyakan adalah aktivitas fisik, seperti: bermain balok dan bermain puzzle.


        Kalau berhitung, secara tidak langsung guru saya mengajarinya. Seperti menunjukkan kepada saya dan teman-teman berapa roda sepeda dan berapa roda mobil. Tapi saya belum dikenalkan dengan simbol angka. Masih ingat kan lagu "dua mata saya"? Nah, guru saya benar-benar menyanyikan lagu itu dengan setulus hati sambil menunjukkan bagian-bagian yang disebutkan dalam lagu itu. Dan hasilnya, saya mengerti yang dimaksud dua itu "berapa" dan satu itu "berapa", tanpa saya harus mengenal angka. Sesekali guru saya meminta saya atau teman-teman untuk tampil menyanyi di depan kelas. Sepertinya, karena kebiasaan itulah, sejak kecil saya termasuk anak yang cukup percaya diri. Entah bagaimana dengan teman-teman yang lain. Tapi, jangan dilihat dari sisi "sombong"nya ya... Lihatlah bagaimana pengajaran itu bisa begitu bermakna!

        Jadi, TK ideal menurut saya, adalah TK yang di dalamnya anak-anak betul-betul diperlakukan seperti anak-anak. Yaitu seorang manusia kecil yang lebih banyak suka bermain. Dengan kata lain, di sekolah kegiatannya ya "hanya" bermain. Dan dengan aktivitas-aktivitas yang bisa memupuk rasa percaya diri anak dan mengasah kemampuan anak dalam berbicara serta memahami apa yang dibicarakan oleh orang lain. Anak-anak tetap mendapat "beban" belajar, tapi belajar dari aktivitas melihat, mendengar dan merasakan sesuatu, bukan dari membaca. Ketika anak memahami "dua" itu seperti apa, anak akan mengerjakan apa yang kita suruh dengan benar, seperti mengambil dua buah jeruk, tanpa mereka harus tahu simbol angka "dua" itu seperti apa. Bahkan penjumlahan dan pengurangan pun bisa dikuasai anak tanpa mereka harus mengenal simbol angkanya. (Saya dulu sudah membuktikannya, lho!)

(bersambung, ditunggu ya..., laptop harus menjalankan tugas lain.)

Tuesday, November 4, 2014

Nikmat di Balik Musibah

"Tidaklah Allah memberi ketetapan pada kita, melainkan ketetapan itu pastilah yang terbaik untuk kita."

       Bagi saya, ungkapan itu bukan ungkapan sederhana. Mungkin mudah untuk memahami maksudnya, namun setiap kali ketetapan Allah datang menghampiri saya, selalu saja memunculkan respon yang sedikit berbeda pada awalnya. Meskipun pada akhirnya saya bisa menerima ketetapan itu dan mengembalikan semuanya hanya pada Allah. Karena itulah, saya tidak berhenti untuk selalu mengingat ungkapan itu dan terus menerus menanamkan keyakinan di dalam hati, bahwa setiap ketetapan Allah buat saya, pastilah baik buat saya.
       Begitu pula halnya saat saya dan suami mengalami kejadian yang di luar kuasa kami sekitar dua bulan yang lalu. Kala itu kami dalam perjalanan kembali dari Malang menuju Jakarta. Di tengah perjalanan, karena rasa lelah dan kantuk yang tidak dapat ditahan, suami memilih berhenti untuk istirahat. Saya yang memang sudah lebih dulu terlelap beberapa saat sebelum berhenti, dalam keadaan setengah tersadar sempat bangun, namun akhirnya tidur lagi. Sementara suami saya, sudah bisa dipastikan dia tidur, karena memang berhenti tujuannya untuk tidur.
       Beberapa saat kemudian saya terbangun. Dan entah secara tiba-tiba perasaan tidak enak muncul sembari saya langsung membangunkan suami dan menanyakan dimana handphone-nya. Setelah dicari tidak juga ditemukan, saya pun menanyakan dimana dompetnya. Tidak biasanya, dompet itu justru ada di depan saya, dan benar saja, uangnya sudah tidak ada. Alhamdulillah, semua kartu masih lengkap, meski uang yang tidak seberapa itu hilang, karena memang suami jarang bawa uang banyak. Biasa, saya bendaharanya. Jadi saya yang pegang uang. Kalau suami butuh membeli sesuatu, tinggal minta ke saya. Dan HP yang raib juga HP jadul yang chasing-nya terdiri dari tiga unsur. Body bawaan HP yang asli, keypad dan bagian belakang berasal dari HP saya yang sudah rusak namun satu tipe, dan bagian depan adalah chasing hasil beli yang bagian lainnya sudah rusak. (Hehe..., komplit rusaknya, dijamin nyesel deh yang ngambil...)
       Setelah beberapa saat terdiam dan tidak habis pikir peristiwa itu bisa terjadi, mengingat kami berhenti di sebuah pom bensin, saya minta suami untuk mengecek tas yang ada di jok belakang. Setelah jok belakang di-ubek-ubek sampai ke bawah, ternyata tas suami raib, tentu saja bersama seluruh isinya. Di dalamnya ada laptop (yang batray-nya bermasalah), alat tulis suami untuk mengajar, dan satu set pakaian suami, lengkap dari luar sampai dalam. Tapi alhamdulillah..., mungkin karena tampangnya yang lusuh dan bagian luarnya terdapat tulisan Pondok Pesantren Ibnu Abbas (tas itu memang dari PPIA ketika anak saya ikut PPDB di sana), tas yang berisi barang-barang saya tidak dibawa. Padahal isinya juga laptop (malah lebih bagus dari milik suami), dan ada kamera digital. Dompet saya yang berada di tengah, di sisi hand rem dan tidak sengaja tertutupi sweater suami, juga masih ditakdirkan tetap menjadi milik kami. Begitu juga tablet saya yang sebelum kejadian saya simpan di dashboard, mungkin juga belum waktunya pindah tangan. SubhanAllah...
       Adakah yang tidak harus kami syukuri? Rasanya terlalu banyak nikmat yang Allah berikan dibalik peristiwa itu. Nikmat paling besar yang kami rasakan adalah, dua anak kami yang tertidur lelap di kursi tengah masih Allah percayakan untuk berada dalam pengasuhan kami. Kami menganggap peristiwa itu sebagai pengingat agar kami mau (kembali) berbagi dengan sesama, dan lebih hati-hati dalam menjaga amanah yang Allah titipkan pada kami. Dan kami juga menganggap bahwa segala sesuatu yang hilang dan terlewat dari kami, mungkin sejatinya memang bukan ditetapkan untuk diamanahkan kepada kami. Insya Allah ada orang lain yang lebih amanah dan lebih bisa menjaga barang-barang itu.
       Dan bagi saya pribadi, dengan hilangnya laptop suami, maka saya harus mengikhlashkan laptop saya sementara waktu dipakai oleh suami sampai suami bisa membeli laptop yang baru. Belum bisa dipastikan kapan, karena masih banyak kebutuhan lain yang perlu diprioritaskan. Alhasil waktu yang biasanya saya habiskan di depan laptop jadi berkurang. Karena saya hanya bisa menggunakan laptop itu di atas jam 10 malam atau pada hari minggu saja. Sementara di hari-hari biasa hanya bisa digunakan pas suami tidak mengajar atau laptop sedang tidak dibutuhkan oleh suami (seperti saat ini). Sehingga waktu-waktu yang biasa saya habiskan di depan laptop bisa saya manfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang tertunda penyelesaiannya, seperti menyetrika. Saya juga bisa menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak-anak. Alhamdulillah...
       SubhanAllah, ternyata dari kejadian yang "kurang menyenangkan" itu, masih ada nikmat yang bisa kita rasakan, dan dari setiap peristiwa yang Allah tetapkan bagi kita pasti ada hikmah di baliknya. Jadi, tetaplah bersyukur dengan semua keadaan yang Allah tetapkan bagi kita.