Monday, April 1, 2019

"Buku Penuh Berkah"


Buku Antologi Cerita Anak

"Buku Penuh Berkah"

Alhamdulillah...
Maret berlalu dengan penuh hikmah
Tinggalkan pesan untuk tak ragu melangkah
Mantapkan hati untuk (hanya) menggapai ridho Allah

Alhamdulillah...
April datang dengan rizki melimpah
Hadirkan cinta tulus dalam bingkai ukhuwah
Benamkan jiwa dalam indahnya tawakkal alallah

Wahai sahabat sholihah
Menjelang datangnya bulan penuh berkah
Mari upayakan segala lelah yang hadir menjadi lillah
Penuhi semua jatah waktu dengan sebaik-baiknya ibadah
Menebar lebih banyak manfaat dan lazimkan diri bersedekah

Malang, 1 April 2019


###

Sebuah puisi saya selesaikan beberapa jam yang lalu. Terinspirasi dari beberapa kejadian yang saya alami dalam sepekan ini. Rasanya tidak ada yang pantas saya ucapkan selain sebanyak-banyaknya ungkapan syukur atas apa yang terjadi.

Dipertemukan kembali dengan sahabat-sahabat lama dan dikumpulkan dengan mereka dalam satu majelis ilmu, sungguh suatu nikmat tak terkira. Sebuah perbincangan ringan saat bertemu yang membuahkan satu simpul yang bermuara pada keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Bertemu dengan saudara dan teman baru menjadi keuntungan lain yang semuanya itu merupakan nikmat tak terhingga dari Allah.

Ya, begitulah! Selalu ada hikmah dari tiap kejadian. Saat tak sengaja bertemu sahabat lama, berasa bahwa Allah sengaja mengirimkannya untuk mendengarkan "keluh kesah" saya. Ketika ada sahabat yang tiba-tiba menghubungi dan bertanya kabar setelah sekian lama, berasa bahwa Allah sengaja mengirimkannya sebagai (salah satu) jalan pembuka pintu rizki. Bahkan pertemuan dengan beberapa orang lainnya yang tak pernah saya duga sebelumnya. 

Bismillahi tawakkaltu alallah...

Ketika semua sudah kita pasrahkan kepada Allah, niat lillah mengiringi setiap langkah, insyaAllah, solusi dari tiap permasalahan akan Allah turunkan untuk kita. Suatu keadaan yang jika kita mengalaminya seharusnya bisa membuat kita belajar untuk tetap tegak melangkah di atas jalan kebenaran dan untuk memelihara niat dalam rangka menggapai ridho-Nya.

Tak hanya beberapa pertemuan (tak disengaja) yang meninggalkan hikmah mendalam, akhir bulan Maret kemarin saya juga mendapat kabar tentang terbitnya satu lagi buku antologi yang memuat karya saya. Buku yang memang sejak awal penggarapannya diniatkan sebagai salah satu buku yang diharapkan bisa memberikan manfaat dan bekal menyambut bulan suci ramadhan.

Buku berjudul "Ramadhan Berkah Ala Rasulullah" ini berisi kumpulan cerita anak. Masing-masing ceritanya memuat satu amalan ramadhan sebagaimana Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dulu pernah mengajarkan dan mencontohkannya. Amalan-amalan yang biasa dilakukan selama bulan ramadhan sudah sangat umum dan banyak orang mengetahuinya. Namun apakah amalan-amalan itu sudah sesuai dengan sunnah alias sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam? Jawabannya bisa ditemukan dalam buku ini.

Meski buku ini di-setting sebagai cerita anak, namun nilai-nilai dan pesan-pesan sunnah ramadhan yang ada di dalamnya menjadikan buku ini cocok untuk dibaca oleh semua umur. Jadi buku ini sangat cocok untuk dijadikan koleksi buku-buku yang kita miliki, terlebih menjadikannya sebagai koleksi buku bacaan anak-anak. Atau menjadikan buku ini sebagai amal jariyah dengan menyedekahkannya kepada anak-anak yang membutuhkan.

Kehadiran buku ini yang bersamaan dengan pertemuan-pertemuan beruntun saya dengan beberapa orang sahabat dan waktunya yang memang mendekati bulan suci ramadhan, semoga menjadikan buku ini sebagai "Buku Penuh Berkah".

Sungguh, pertemuan-pertemuan dengan saudara se-Iman yang bisa membangkitkan gairah keimanan dan amal sholih, merupakan nikmat yang tidak terkira dari Allah. Kenikmatan yang bahkan bisa lebih bernilai dari sekadar materi. Maka jangan pernah sia-siakan nikmat dari Allah berupa teman-teman yang sholih dan sholihah. 

Sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang Allah berikan, sudah sepantasnya kita bersyukur dengan banyak-banyak memuji-Nya, melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. 


#SemingguTigaPostingan
#day13

18 comments:

  1. Memanglah berkumpul dg org sholeh merupakan obat hati :)

    ReplyDelete
  2. Wah selamat mba, dah terbit buku antologi cerita anaknya.

    ReplyDelete
  3. menambah referensi buku untuk anak ku...

    ReplyDelete
  4. wah Alhamdulillah ternyata kita sama2 di wonderland. buku kita satu paket bun. saya di buku Ramadan di 34 Propinsi Nusantara, hihi. Masyaallah enggak nyangka bangeeet. sukses ya bun.

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah buku antologi cerita anak tentang Ramadhan yah. Bagus nih mbak mengangkat tema-tema agama sambil memgingat jejak Rasulullah.. sukses terus yah mbak

    ReplyDelete
  6. Selamat ya mba. Bukunya harus dibaca nih, belajar bersama dengan anak dari buku ini pasti seru.

    ReplyDelete
  7. Selamat mbak! Nulis yg pingin saya coba dari dulu ini.. Nulis cerita anak. Seru dan fun kayaknya ya

    ReplyDelete
  8. Saya baru ikut kelas wonderland mbak. Bismillah ikut keangkut cernaknya. Secara nggak punya anak kecil lg, cukup sulit mencari inspirasi.

    ReplyDelete
  9. Masya Allah... Buku yang bagus dan kaya makna. Selamat ya Mbak buat bukunya...semoga menginspirasi banyak orangšŸ¤—

    ReplyDelete
  10. Senang sekali jika kita dimudahkan untuk mengambil hikmah dalam setiap kejadian dan dalam setiap pertemuan dengan orang lain.
    Baarakallah juga atas terbitnya buku antologi terbarunya. Semoga menjadi amal salih. Pas banget nih jelang Ramadan :)

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah punya buku antologi bru terbit ya mb? Sukses yaa smg lncar aamiin...

    ReplyDelete
  12. liesdiana yudiawati Djoko SoepridjoApril 7, 2019 at 9:49:00 PM GMT+7

    Selamat mba. Buku analogi anak sudah bisa dinikmati anak. Bisa menambah koleksi buku anak

    ReplyDelete
  13. Barakallah.. Selamat ya mbak. Seneng banget pastinya bukunya terbit.

    ReplyDelete
  14. Duh sepertinya bukunya recomended sekali nih kebetulan aku punya anak umur 2th yang senang sekali kalo di bacain buku

    ReplyDelete
  15. Aku jadi penasaran gimana isi bukunya

    ReplyDelete
  16. Masya Allah,, slamat ya mb,, trus berkarya dan barokah,, Aamiin :)

    ReplyDelete
  17. cadass, menyongsong bulan puasa di tahun ini, dapat pilihan bacaan ciamik wabilkhusus untuk anak yg sarat hikmah meraih kemuliaan ramadan

    ReplyDelete