Saturday, August 15, 2015

Capcay, Bekal Favorit Anak Saya

Bermula saat saya merasa malas untuk memasak sayur sebagai persiapan santap sahur. Maka saya memilih untuk membeli sayur matang saja. Untuk makan sahur saya selalu menghindari makanan pedas dan bersantan, serta memilih sayur yang menurut saya bergizi. Jadi, malam itu saya memutuskan untuk membeli capcay. Saat membeli itulah saya memperhatikan tahap demi tahap pembuatannya. Cukup menarik buat saya. Berbeda dengan capcay yang pernah saya makan sebelumnya, sayur dalam capcay itu dipotongnya kecil-kecil. Langsung deh dapat ide untuk memasak capcay dengan cara yang sama buat anak-anak.

Hasilnya? Sudah sekitar tiga minggu ini anak-anak menunjukkan kesukaannya pada capcay buatan saya. Saya sengaja membuat dalam porsi sedang, alias tidak terlalu banyak. Sehingga capcay yang saya buat biasanya akan selalu habis dalam sekali makan, untuk 3-4 orang. Sebagai bunda, tentu saja saya merasa senang. Apalagi putri kedua saya yang susah makan, juga menyukainya. Tidak hanya untuk dia makan di rumah, dibawa buat bekal pun, pasti akan habis tak bersisa.


Berikut ini adalah bahan-bahan dan step by step proses pembuatan capcay ala saya yang rasanya begitu disukai anak-anak.

Bahan-bahan:
  • 200 g fillet daging ayam,
  • 2 buah wortel ukuran kecil/sedang,
  • 1 buah brokoli ukuran kecil,
  • 1 buah kembang kol ukuran kecil,
  • 2 atau 3 lembar sawi putih/sawi daging,
  • 2 siung bawang putih digeprek atau cincang kecil-kecil,
  • 1/2 sdt lada bubuk, 
  • 1/2 sdt pala bubuk,
  • garam dan gula secukupnya,
  • 1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan 2 sdm air.
  • 1 sdm minyak untuk menumis,
  • 1 gelas air (disesuaikan pula dengan selera, suka yang berkuah banyak atau sedikit)
  • saos tiram secukupnya (kalau rasa sudah lezat, kadang saya tidak memasukkannya, dan anak-anak tetap menyukainya, jadi bahan ini bisa sebagai pelengkap.

Cara Membuatnya:
  1. Siapkan semua bahan sayuran lalu dipotong kecil-kecil. Filet ayam juga dipotong kecil.
  2. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan ayam. Masukkan juga garam, lada dan pala.
  3. Setelah ayam berubah warna, tambahkan air, dan tunggu hingga air mendidih, lalu masukkan semua sayuran bersamaan.
  4. Jika sayuran sudah mulai matang, masukkan larutan tepung maizena, lalu aduk-aduk sampai mendidih.
  5. Terakhir masukkan sedikit gula sebagai penyedap. Saos tiram bisa ditambahkan sesudahnya.
  6. Capcay ala bunda pun siap untuk disantap langsung, maupun dibuat bekal.
Nah, selamat mencobanya buat anak-anak di rumah...


No comments:

Post a Comment