Thursday, April 7, 2016

Ngomongin Solidaritas Nih

Sepertinya dua hari terakhir sedang ramai berita gosip seputar artis yang menggundul rambutnya dengan alasan "demi solidaritas bagi penderita kanker", ya... Sayup-sayup sih, saya dengarnya, dari media elektronik tetangga, haha...

Eh, tapi, pas buka fb pagi tadi, berita itu ada di halaman muka. Hmmm, buka, nggak, buka, nggak... Nggak jadi aja deh! Info berita gosip artis dari suami lebih hot kayaknya. Kata suami, teman-teman di kantornya pada suka gosipin artis, itulah kenapa dia tahu banyak tentang gosip artis terkini, hihi...

Eits! Stop! Jangan diteruskan. Dilarang nge-gosip, lho! Itu namanya ghibah. Kalau begitu saya tidak jadi membahas berita gosip artis deh. Tapi saya akan membahas seputar solidaritas saja, hehe...

Solidaritas. Menurut KBBI yang saya punya, solidaritas bermakna: sifat (perasaan) solider; sifat satu rasa (seperti senasib); dan perasaan setia kawan. Kalau solider bermakna: bersifat mempunyai atau memperlihatkan perasaan bersatu (senasib, sehina, semalu, dan sebagainya); (rasa) setia kawan.

Menurut saya, sifat solidaritas merupakan sifat yang terpuji. Namun tidak jarang, ada orang-orang yang menunjukkan sikap solider dengan cara yang keliru. Terutama di kalangan remaja, yang memang memiliki rasa setia kawan yang tinggi. Saya pernah mendapati seorang remaja yang merokok karena alasan klise, "teman-teman main saya semuanya merokok. Ya, saya ikut merokok laaah. Solider..." Begitu jawabannya. Haddeeeh...

Begitu juga dengan gosip yang lagi ramai media. Menurut saya, itu sudah termasuk berlebihan dalam menangkap sebuah makna solidaritas. Kalau hanya untuk menunjukkan rasa peduli terhadap penderita kanker, rasanya tidak perlu lah, harus dengan menggundul rambut. Masih banyak cara lain yang bisa ditempuh. Atau kalau berduit banyak, langsung saja berikan bantuan biaya pengobatan bagi para penderita kanker.

Itu sih menurut pendapat saya. Orang lain bisa saja memiliki pendapat yang berbeda. Eh, tadi itu yang digosipin siapa sih? Kok jadi membahas gosip lagi? Udahan aja deh! Daripada ntar malah keterusan... Ini juga sudah malam. Tunjukkan solidaritas kepada tetangga kanan dan kiri. Malam hari itu waktunya istirahat, jadi jangan membuat keributan. Apalagi dengan bergosip, hihi...


Pamulang, 7 April 2016
#menanggapi isu hangat negeriku tercinta

4 comments:

  1. Replies
    1. Saya solider kok, mas heru...
      Buktinya, yang lain nulis, sy juga ikutan nulis, hihi... ^__^

      Delete
  2. Betuuuulll, solider tidak harus ikut ikutan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk hal positif sih, it's oke wae ya, mbak lisa...
      Tapi kalau untuk hal yg negatif, aduh, gak usah deh! ^__^

      Delete